Selasa, 25 Mei 2010

Kepemimpinan Pribadi

Kepemimpinan pribadi adalah situasi yang tidak bisa dihindari oleh siapapun. Sesungguhnya kita semua adalah pemimpin dan akan diperiksa kepemimpinan kita kelak ( hadist ).

Anda dikatakan melaksanakan kepemimpinan pribadi bila anda sudah memiliki tujuan akhir batas hidup anda, dan memimpin diri anda menuju ker arah tersebut. Dalam proses inilah anda akan menjadi pemimpin bagi diri sendiri.

Ada lima kualitas utama bagi kepemimpinan pribadi anda sebagai guru dan siswa :

1. Kualitas Iman dan Islam.

2. Kualitas pola pikir.

3. Kualitas proses pengajaran.

4. Kualitas hasil pengajaran.

5. Kualitas hidup pribadi

Dikatakan kita memiliki kualitas Iman dan Islam, bila prinsip-prinsip dan nilai-nilai menjadi pusat bagi semua keputusan dan kerangka aktivitas kita dalam belajar mengajar.

Dilkatakan kita memiliki kualitas pola pikir bila kita mampu mensistematiskan anugerah manusiawi ( panca indrra, otak dan hati ) dengan kepribadian sejati kita dalam semua aktifitas profesi dan hidup dengan landasan Iman dan Islam.

Kualitas prose

Kualitas proses belajar mengajar terlihat dari keterpaduan kepribadian sejati dengan kecakapan yang kuat.

Kualitas hasil belajar mengajar terlihat dari sejauh mana efektifitas pengajaran sudah dicapai, biaya sosial yang dilkeluarkan, ketepatan dan efisiensi, berpengaruh terhadap kehidupan jangka panjang, dan secara moral pengajaran yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan. Penilaian efektifitas dapat digunakan alat bantu output dari pengajaran yaitu peserta didik itu sendiri dengan standar yang telah ditetapkan.

Jika output lebih dari standar berarti efektifitas sudah tercapai.

Sedangkan efisiensi dapat dilihat dari besarnya output dengan input yang diberikan. Jika output lebih dari input berarti efisiensi sudah tercapai.

Kualitas hidup guru dan siswa dapat dilihat dari :

1. Kualitas prinsip dan nilai, kualitas pola pikir, kualitas proses belajar mengajar dan kualitas hasil pengajaran dijalankan secara baik.

2. Hidup dan dunia pfofesi bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Kepemimpinan pribadi anda akan efektif bila :

1. Memiliki prinsip-prinsip dan nilai-nilai sebagai keyakinan dan kekuatan anda.

2. Memiliki pengaruh dan kepedulian sosial

3. Memiliki efektifitas pribadi.

KEHIDUPAN BERPRINSIP DAN BERNILAI

Kehidupan berprinsip dan bernilai adalah segala efektifitas yang menjadikan prinsip-prinsip, dan nilai-nilai abadi sebagai proses kehidupan.

Dikatakan anda memiliki kehidupan berprinsip dan bernilai jika semua pilihan aktifitas hidup anda berpusat pada prinsip-prinsip dan nilai-nilai.

Yang dimaksud dengan pusat kehidupan adalah prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang diyakini yakni penjabaran rukun Iman dan Rukun Islam. Inilah yang akan membimbing kita dalam keputusan-keputusan yang kita buat serta menjadi sumber motivasi untuk bertindak dan beraktifitas. Pusat ini akan mengarahkan kita pada pilihan-pilihan baik secara pribadi, keluarga, dunia profesi, mitra kerja, dunia bisnis, aktifitas ritual, sosial, kesenangan dan lain-lain..

Bila anda berpusat pada prinsip-prinsip dan nilai-nilai, maka :

1. Semua aktivtas hidup dan profesi anda akan terpisah dari emosi yang negatif.

2. Anda akan mengambil pilihan proaktif yang dilingkari prinsip dan nilai-nilai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar